Sponsored Links

 
Sunday, March 24, 2013

Jadwal Tes Cpns 2013 Bisa Berubah

0 comments

Pasca tidak berlakunya moratorium, Pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2013, pada Juli mendatang. Pemerintah menyiapkan kuota penerimaan CPNS berjumlah 60 ribu. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Medan, Selasa, 19 Maret 2013 mengatakan bahwa tahun ini pihaknya menerima CPNS formasi baru. Penerimaan CPNS tahun 2013 ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun 2013 yakni 120 ribu. Penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan disesuaikan dengan kebutuhan atau yang diperlukan saja. Pola seperti ini harus dilakukan karena jumlah PNS Indonesia berlebih untuk satu lembaga/departemen. Jadi prinsipnya, Pemerintah hanya menerima formasi CPNS yang paling dibutuhkan saja.

Dia juga menjelaskan penerimaan CPNS tahun 2013 akan difokuskan kepada kebutuhan lembaga dan departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan.



Berbincang mengenai Jadwal Ujian Cpns 2013, info mengejutkan datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Mereka menyebutkan jika anggaran penganggakatan CPNS baru yang masih diblokir Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak hanya untuk kelompok honorer kategori 2 (K2). Anggaran untuk tes pelamar umur juga diblokir.

Pemblokiran anggaran untuk pelaksanaan tes CPNS tersebut memang meresahkan. Apalagi jadwal pelaksanaan tes CPNS semakin mepet. Kemen PAN-RB menjadwalkan jika tes CPNS untuk pelamar umum maupun tenaga honorer K2 digelar antara Juni dan Juli tahun 2013. Dia mengatakan jika pemblokiran oleh Kemenkeu itu bukan menjadi persoalan yang rumit. Sebab secara kelembagaan, anggaran untuk pengangkatan CPNS 2013 senilai Rp 99 miliar sudah disetujui DPR.

Dikabarkan Kemen PAN-RB terus menjalin komunikasi yang kuat dengan pihak Kemenkeu. Dengan upaya ini, diharapkan pemblokiran anggaran tes CPNS 2013 bisa segera dicabut. Dia bahkan menyebutkan jika Kemen PAN-RB sudah road show ke sejumlah daerah untuk sosialisasi pelaksanaan tes CPNS baru 2013. Diantara materi sosialisasi adalah tentang skema permohonan formasi CPNS baru.

Kemen PAN-RB menuntut semua instansi daerah melampirkan hasil analisis beban kerja (ABK) dan analisis jabatan (Anjab) ketika meminta formasi CPNS baru. Tanpa dua hasil analisis itu, Kemen PAN-RB tidak bisa memastikan instansi tertentu benar-benar kekurangan pegawai baru atau hanya asal minta formasi.

Sebagai info bahwa Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) telah menjadwalkan sosialisasi formasi Cpns 2013 serentak di 12 kota. Hal-hal yang disosialisikan diantaranya menyangkut kebijakan pengadaan CPNS tahun 2013 yang meliputi formasi umum dan rencana penyelesaian tenaga honorer kategori II. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan kebijakan program sumber daya manusia (SDM) aparatur.

Disebutkan bahwa sebanyak 238 peserta dari empat pemerintah provinsi yakni Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung dan Bengkulu serta 42 kabupaten-kota diundang dalam acara tersebut.

Diolah dari berbagai sumber

Related Articles:

Leave a Reply

 
Aparatur.com © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends